Mokel itu ? apa ya ?

Buat kita yang menjalankan ibadah puasa pasti pernah denger istilah “mokel” , apalagi kalo orang  jawa pasti sudah tau artinya mokel . Secara adrti mokel artinya membatalkan puasa karena makan atau minum, biasanya dilakukan ketika menjalankan ibadah puasa dengan alasan sakit, lapar atau haus  :hammer: .

Waktu saya masih kecil saya sering mokel  :ngakaks . pernah dulu sembunyi-sembunyi manjat pohon belimbing , terus dimakan diatas pohon, sampe minum air keran :nohope: pas di sekolah dasar (air keran-nya bersih kok).

Tapi penjelasan diatas kan arti dari kata mokel  yang tentu saja berasal dari bahasa jawa dan ketika saya cari di kamus atau google saya belum menemukan istilah mokel dalam bahasa Indonesia bahkan search engine sekelas google juga tidak mengenal istilah mokel

mokel

mokel2

Dari dua gambar diatas bisa dilihat kalo kata mokel belum dikenal luas di search engine dan jakarta (saya chat dengan teman saya di jakarta). Apa kata mokel ini cuma ada dalam bahasa jawa ? kalo bukan , ada gak yang tau istilah mokel dalam bahasa Indonesia ? Kalau memang belum ada bukankah lebih baik di serap ke dalam bahasa Indonesia. Selain memperkaya bahasa Indonesia ata mokel juga lebih enak disebutkan . Sebagai perbandingan liat percakapan berikut :

1. Saya habis mokel neh, terpaksa gara-gara kepala saya pusing.

2. Saya habis membatalkan puasa saya neh, gara-gara kepala saya pusing.

nah enak yang pertama atau enak yang pertama atau  kedua ? :confused:  :gila:

This entry was published on Agustus 21, 2010 at 3:31 pm. It’s filed under Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

3 thoughts on “Mokel itu ? apa ya ?

  1. haha nice advice buat kamus besar bahasa indonesia yg baru..iso ae dapat ide

  2. wehee…cukup membantu mas…saya baru tau itu artinya.. mksh yaa..
    saya kira jg awalnya mokel tu bahasa jorok..ternyataa. XD

  3. Ping-balik: palagi kalo orang jawa pasti s – mukenakita.xyz

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: